Selasa, 11 September 2012

Mengembalikan Data dan aplikasi yang Terhapus tanpa Software



Dasar dari Penghapusan sebuah file / data informasi adalah tidak menghilangkan File tersebut, namun hanya sebatas Penghilangan sistem pembacaan pada File yang di hapus, Data File adalah kumpulan Informasi yang terbagi menjadi beberapa bagian yang di bentuk oleh sebuah Program. artinya Sebuah Data adalah hasil karya dari suatu program yang di jalankan user, Tempat menyimpan File / Data informasi adalah Storage ( Ruang terstruktur dari komponen Komputer ).

dari penjelasan sekilas di atas dapat kita simpulkan bahwa data / file yang di hapus tidak sungguh-sungguh hilang, kecuali jika sebuah Disk atau storage telah mengalamai Pem-FORMAT-an. karena prosses Format akan mengatur ulang struktur sebuah Disk. dengan aktifitas Meng-hapus File, dimana proses Delete hanyalah menghilangkan sistem pembacaan-nya saja, maka data tersebut akan dapat di kembalikan ke dalam disk sesuai dengan format yang ada saat itu.
OK, sekarang mari kita coba untuk memanfaatkan sistem restore pada safe mode windows,

  1. nyalakan komputer anda seperti biasa
  2. tekan tombol F5 sebelum sistem komputer masuk pada proses Booting
  3. anda akan mendapati menu boot
  4. gunakan panah atas dan bawah pada keyboard untuk memilih menu boot
  5. pilihlah Safe mode dan tekan enter untuk menjalankan windows pada safe mode
  6. tampilan windows safe mode akan tampak seperti windows yang tidak terinstal driver grapich
selanjutnya, beberapa catatan yang perlu anda perhatikan disini adalah :

  1. anda harus ingat kapan waktu anda melakukan penghapusan file /data yang ingin anda cari
  2. melakukan restore dengan cara ini berpotensi mengembalikan virus yang pernah anda bersihkan ( dalam kurun waktu yang anda tentukan dalam safe mode nanti )
langkah yang harus dilakukan adalah :

  1. Pada saat pertama kali terbuka windows dalam safe mode akan muncul sebuah message box untuk melakukan restore komputer
  2. jalankan permintaan pada message box tersebut
  3. tentukan tanggal dan tahun sebagai parameter Pengembalian Data dan sistem. 
  4. temukan dan klik tombl restore
  5. tunggu proses hingga selesai
Hal ini akan memakan waktu yang sedikit lama karena proses pengembaliannya mencakup keseluruhan  Data dan sistem, termasuk program yang pernah anda Uninstall.

jika anda mengalami kesulitan dalam melakukanya saya sarankan untuk menggunakan software, artikel ini saya paparkan untuk pembelajaran sistem operasi windows, dimana sistem operasi ini juga memiliki sistem restore, karena dalam melakukan pembaharuan sistem operasi, yangpaling aman adalah dengan  menggunakan prosedur sistem operasi itu sendiri.

untuk restore menggunakan software anda dapat menggunakan aplikasi di bawah ini :

  1. Winutility Undelete
  2. recuva
  3. Download Pandora Recovery
  4. pcinspector Recovery File

semoga dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan potensi kita dalam mengenali sistem komputer yang kita miliki, sehingga kita dapat lebih memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh komputer kita yang pada akhirnya kita tahu seberapa besar potensi yang di miliki oleh komputer kita untuk kita ajak bekerja, GOOD LUCK

0 komentar:

Posting Komentar